Ngesti Pandowo Siapkan Pentas di Jakarta

SEMARANG- Wayang Orang Ngesti Pandowo siapkan pentas di Jakarta. Mereka akan bermain dua kali di Ibu Kota. Pementasan perdana akan dilangsungkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jumat (19/12) sementara yang kedua di gedung Wayang Orang Bharata, Sabtu (20/12).

Pimpinan satu-satunya kelompok wayang orang di kota ini, Cicuk Sastro Sudirdjo, mengungkapkan, pihaknya terus melakukan persiapan untuk pagelaran itu. “Pentas yang perdana untuk memenuhi undangan TMII. Kami bakal bermain di Sasono Langen Budoyo.

Di zaman dulu, hanya kelompok pilihan yang bisa pentas di sana,” terang Cicuk, Minggu (14/12) sore. Pada pementasan itu pihaknya bakal membawakan lakon Sembadra Larung dibawah arahan sutradara Widayat. Menurut Cicuk, pihaknya lama tak pentas di tempat itu. Dulu, Ngesti Pandowo termasuk salah satu kelompok yang sering diundang untuk pentas.

Cicuk juga mengatakan, pihaknya bakal dibantu oleh beberapa tokoh masyarakat seperti Wakil Rektor II Untag, Aris Risdianto, Guru Besar Undip, Prof Edi Dharmana, Kepala Balitbang Jateng, Agus Wariyanto, dan juga Kepala BNN Jateng, Kombes Paryono. Saat ini pihaknya masih menunggu kesediaan Sekda Pemprov, Sri Puryono, untuk terlibat langsung dalam pementasan. Selama di sana, Cicuk menambahkan, pihaknya juga didukung oleh Pemprov.

Beberapa Perubahan

Saat ditanya soal persiapan khusus jelang pagelaran itu, Cicuk mengungkapkan memang ada beberapa perubahan. Dia memberi contoh, kain latar belakang (geber) yang biasa dipasang tak akan dibawa. Di sana nanti, latar belakangnya menyesuaikan ruangan. Sementara itu, pementasan bersama Wayang Orang Bharata akan dilangsungkan sehari sesudahnya.

“Untuk pentas di Bharata, kami ikut saja. Lakon yang dimainkan tergantung mereka. Ini merupakan salah satu upaya menjaga tali kekerabatan dengan rekan-rekan di Jakarta,” terang Cicuk seraya mengatakan, jumlah total rombongan yang berangkat nanti mencapai 75 orang.

Mengingat rencana tersebut, agenda pentas rutin Sabtu malam di TBRS nanti akan diliburkan. Sementara itu, Aris, menambahkan, pihaknya mendukung rencana pementasan itu. Dia berharap lewat, pagelaran nanti, pengalaman panggung para anak wayang semakin bertambah.( H35,H71)

Sumber: Suara Merdeka 16 Desember 2014

Kliping Suara Merdeka 16 Desember 2014